Friday 10 June 2016

Resep Perkedel Kentang Gurih, Mudah dan Maknyuss

Berikut ini adalah resep mudah dan sederhana cara membuat perkedel kentang dengan cara digoreng kentangnya. Digoreng lebih enak daripada di rebus kentangnya.


Apa saja bahan - bahannya?
1. Kentang 1/4 kg
2. Telur 1 buah
3. Bawang merah 5 siung
4. Bawang putih 3 siung
5. Lada
6. Garam
7. Gula (opsional)
8. Minyak goreng

Alat :
Pengocok telur, wajan, tlenan, pisau,

Bagaimana cara masaknya?
Cuci kentang dan iris menjadi beberapa bagian seperti gambar dibawah ini.
Jangan terlalu tebal agar nanti ketika digoreng masaknya bisa merata sampai kedalamnya.

Goreng kentang kedalam wajan sampai matang. Ada cara lain juga yaitu dengan direbus dengan air.
Setelah dimasak kemudian tiriskan.


Siapkan bawang merah, bawang putih. Kemudian dibelah menjadi empat atau tidak perlu dibelah. Kemudian digoreng beberapa saat dan tambah biji lada secukupnya. Masak sampai matang bumbu - bumbu tersebut dan tiriskan.


Kemudian bumbu bawang yang sudah digoreng dan kentang goreng tadi dicampur kedalam tempat pelumat / penghalus / ulegan. Kemudian tambahkan garam secukupnya. Biar mantap bisa ditambah gula pasir sedikit. Tidak dikasih juga tak apa, sesuai selera saja. Penambahan gula semakin menambah gurih sebenarnya. Oke, lalu haluskan semuanya. Haluskan mulai dari bumbu terlebih dahulu baru haluskan kentang dan campurkan. Haluskan kalau hisa sampai benar - benar halus.



Ketika menghaluskan apa perlu pakai blender? Kan lebih mudah dan cepat.
Sebaiknya pakai ulegan biasa dengan ditumbuk. Saya sering menghaluskan dengan alat tradisional karena hasilnya saya rasa lebih enak. Bagaimana dengan anda? Coba saja bandingkan sendiri 😀.




Kemudian siapkan telur,
telur di campur menggunakan mixer / dikocok / di kocok biasa.
Note : yang saya buat langsung saya campur ke adonan telurnya, nggakpapa juga kalau langsung dicampur ke adonan kentang.

Berikut rumus percampuran kentang dengan telur agar hasilnya enak.
1/4 kg kentang = 1 telor
Ingat - ingat rumus simpel ini ya sist, hihi.

Apabila telur sudah dikocok kemudian campurkan dengan adonan kentang dan bumbu tadi. Campurkan hingga merata. Sebelumnya pindahkan adonan ke tempat yang lebih luas.


Kentang bisa dibentuk pakai sendok atau sesuai selera. Kemudian gorenglah sampai menguning. Apinya tidak boleh besar, gunakan api sedang agar tidak gosong bagian luarnya dan matangnya merata hingga kedalam. Menggorengnya memang cukup lama sekitar 5 menit. Kalau sudah menguning berarti perkedel kentang sudah masak. Masukkan kedalam piring dan siap dihidangkan. Bisa ditambah dengan lalapan sesuai kreasi anda.


Ini adalah resep yang saya dapatkan dari ibu saya. Saya juga tidak mengintip resep - resep perkedel di internet, saya penasaran apakah resep dan takarannya sama, hehe. Yang jelas ini sudah saya coba dan hasilnya menurut saya enaaak :D
Maaf ya, bentuknya jelek, lagi males nyetak hehe :D

Mau lebih mantab lagi? Biasanya dikasih micin. Tapi saya gak suka. Tanpa micin pun sudah mantab
#jagakesehatan

Yak, itulah resep membuat perkedel sederhana yang mudah dan murah. Ada saran? Silahkan komen. Terimakasih 😁

No comments:

Post a Comment