Wednesday 8 June 2016

Memasak Tempe Goreng yang Renyah dan Sehat

Halo ibu - ibu, kali ini saya ingin berbagi resep membuat tempe goreng yang renyah. Caranya sangatlah gampang. Berikut ini adalah cara memasak tempe goreng yang renyah. Menu tempe goreng seperti ini cocok untuk lauk buka puasa ataupun sahur.
Hasil masakan


Masih bingung mau makan lauk apa? Atau buka puasa sama lauk apa? Cobalah resep tempe goreng ini dong ibu - ibu, hehe.

Bahan yang diperlukan untuk memasak tempe goreng :

1. Tempe pipih
2. Bawang putih
3. Garam
4. Kunir
5. Minyak goreng
6. Tepung beras
7. Tepung terigu
8. Tepung tapioka


Alat masak : standar, pasti sudah tersedia di dapur.

Panduan memasak :

1. Siapkan garam, bawang putih 2 siung, kunir secukupnya (sebagai pewarna alami untuk tempe) dan kemudian  diuleg. Untuk kunir jangan terlalu banyak, jika terlalu banyak bisa membuat pahit. Kadang juga ada yang menambahkan bahan msg / micin / penyedap rasa buatan agar lebih nikmat. Saran saya tidak perlu memakai hal tersebut karena berdampak buruk untuk kesehatan.
Ulegan kunir


2. Oke, kemudian siapkan tepung beras, tepung gandum dan tepung tapioka dengan perbandingan 3 : 2 : 1, kombinasi perbandingan ini untuk hasil tempe yang renyah. Jika terpaksanya tidak ada tepung tapioka juga tidak apa - apa.

3. Selanjutnya kita campurkan ketiga tepung tersebut dengan air secukupnya kedalam mangkuk yang cukup lebar, seperti gambar di bawah ini
3 tepung yang dicampur


4. Setelah tepung dicampur, masukkan bumbu yang diuleg tadi dan diaduk hingga merata bumbunya di seluruh adonan. Pastikan bumbunya sudah merata.
Adonan setelah diberi bumbu


5. Siapkan minyak secukupnya untuk menggoreng tempe kedalam wajan. Kemudian panaskan


6. Sambil menunggu minyak panas, masukkan tempe kedalam adonan yang ada di mangkuk. Campurkan merata keseluruh tempe. Kalau minyak sudah panas kemudian tempe digoreng.



7. Jika sudah masak, hidangkan. Hangat lebih enak :D


Pertanyaan umum:

Tempe goreng kalau bumbunya dikasih mrica enak nggak?
Saya rasa nggak enak. Dan menurut saya ngggak enak.


Tempe goreng sudah menjadi sajian khas untuk berbagai tempat kuliner seperti burjo ataupun angkringan. Jika kita pergi ke tempat tersebut, kita pasti akan menemukan gorengan tempe ini. Di angkringan daerah jogja, semarang, biasanya untuk gorengan berada dalam kisaran harga yang sangat terjangkau yang membuat digemari.

Tempe sendiri akan lembek setelah dingin. Usahakan dimakan dalam keadaan ketika masih hangat. Kadang di jalanan kita membeli tempe yang ketika dingin masih enak dan renyah. Bisa jadi, pada minyak goreng untuk menggoreng tempe dicampuri dengan plastik minyak gorengnya. Apalagi pasti minyaknya juga untuk menggoreng berkali - kali. Tentu saja hal ini sangat berbahaya untuk kesehatan karena dapat memicu kanker. Ibu - ibu, tetap waspada ya :)

Itulah resep memasak tempe goreng yang renyah dan saya rasa sudah sesuai dengan standar kesehatan.
// karena masakan sendiri itu lebih sehat // iya kan ibu - ibu? Hehe.

Semoga bermanfaat ya. Terimakasih :)


No comments:

Post a Comment