Wednesday 8 June 2016

Resep Memasak Tahu Bacem, Cepat dan Mudah

Ibu - ibu dirumah kalau lagi sibuk pasti kita akan susah memasak tahu bacem karena banyak yang harus disiapkan. Kali ini saya telah menyediakan resep Cara mudah dan cepat membuat tahu bacem agar ibu - ibu tidak terlalu menghabiskan banyak waktu dan tenaga ketika memasak.
Ini sangatlah mudah, berikut cara membuatnya :

Sebelumnya persiapkan dulu bahannya. Berikut bahan - bahan yang harus ada di dapur ibu - ibu :

1. Tahu
2. Bawang merah
3. Bawang putih
4. Garam
5. Air putih
6. Gula pasir / gula jawa
7. Minyak goreng


Alat:
Alat untuk memasak tahu bacem ini pasti sudah tersedia di dapur ibu - ibu karena hanyalah peralatan dapur umum seperti pisau, tlenan, wajan dkk.

Baiklah ibu - ibu, kalau semua bahan dan alat sudah siap, maka kita siap mengolahnya. Berikut cara memasak tahu bacemnya :

1. Ambil 4 siung brambang/bawang merah diiris tipis - tipis seperti gambar dibawah ini.


2. Ambil 3 siung bawang putih, sama seperti cara nomor 1, di iris tipis - tipis

3. Sipkan tahu dan diiris tengahnya terlebih dahulu, silahkan dikira - kira saja, tidak perlu terlalu dalam, ini agar bumbunya nanti merasuk dan agar lebih nyos ibu - ibu. Lebih jelasnya seperti gambar dibawah ini


4. Siapkan wajan. Panaskan sedikit minyak di wajan anda dan gorenglah bawang merah dan bawang putih tersebut, gorenglah sampai matang (ciri - ciri bawang goreng yang sudah matang adalah berwarna kuning kecoklatan). Jangan lupa, cek dulu gas di dapur anda, apakah masih atau sudah habis ibu - ibu, hehe.


5. Kalau bawang sudah matang kemudian langsung masukkan garam secukupnya dan kemudian campurkan dengan air secukupnya untuk memasak tahu nanti.

6. Tunggu hingga mendidih. Kalau sudah mendidih kemudian masukkan tahu - tahu yang sudah diiris tengahnya tadi dan dimasak sampai meresap bumbu - bumbunya. Biasanya saya memasak hingga airnya agak mengering biar bumbunya benar - benar meresap kedalam tahu.



7. Agar lebih mantab lagi bisa ditambah gula, pasir ataupun gula jawa secukupnya. Agar warnanya menarik, bisa ditambah kecap ataupun gula merah / gula jawa tadi.
Tanpa diberi kecap / gula merah


Kalau airnya sudah agak mengering maka angkatlah dan tahu bacem siap dihidangkan.

Hasil masakan, agak berwarna kecoklatan
karena efek cahaya kamera hp, hehe

Resep ini sering digunakan ibu saya. Cocok untuk menu buka puasa maupun menu sahur kita, hhehe.

Itulah cara mudah dan cepat resep untuk memasak tahu bacem ala saya. Semoga bermanfaat untuk semua kalangan yang ingin memasak tahu bacem. Kalau ada saran - saran silahkan berkomentar dibawah ini ya. Mari berbagi tentang resep cara memasak tahu bacem dengan cepat disini, supaya berkembang hhehe. Terimakasih :)

No comments:

Post a Comment