Friday 10 June 2016

Jumlah Air yang Dibutuhkan Ketika Puasa

Memasuki bulan puasa ataupun ketika ingin puasa sunah seperti puasa senin - kamis tentu saja kita perlu memperhatikan apa saja yang akan kita makan dan minum untuk memenuhi kebutuhan nutrisi selama berpuasa. Ketika berpuasa, makanan dan minuman yang kita pilih ketika berbuka puasa maupun saat sahur akan mempengaruhi kondisi tubuh kita selama kegiatan siang hari saat puasa. Jika nutrisi makanan sudah terpenuhi, maka kita juga membutuhkan asupan air yang cukup.

Berapa jumlah air yang kita konsumsi ketika berpuasa?
Jumlah air yang dikonsumsi idealnya dalam sehari adalah sekitar 1 liter. Kita bisa meminum air sekitar 4 gelas saat sahur dan 4 gelas saat berbuka puasa. Akantetapi jangan langsung meminum 4 gelas. Kita bisa meminumnya bertahap. Usahakan setelah buka puasa, selama malam hari kalian meminum 4 gelas. Ketika berbuka kita bisa meminum 2 gelas secara bertahap ketika awalan pembuka buka puasa, buka dengan yang manis lalu minum. Setelah selesai makan untuk buka, kita bisa minum lagi. Nanti sebelum shalat isya kita bisa minum lagi. Setelah selesai tarawih, tadarus, atau ketika akan tidur kita meminum air putih dulu. Kalian bisa menyesuaikannya sendiri.

Lalu saat sebelum sahur, seumpama kita bangun jam 3, kita bisa meminum 1 gelas, lalu kita bisa wudhu dan shalat tahajud dulu. Setelah shalat tahajud kita bisa meminum air lagi 1 gelas. Lalu setelah tahajud kita bisa baca Al Quran, lalu kalau sudah memasuki hampir imsak, kita bisa memulai makan dan menyediakan air 1 gelas lagi, diminum selama makan. Setelah sahur, kita bisa gosok gigi dan menunggu imsak sambil siapkan 1 gelas air putih. Ketika terdengar tanda imsak, kita bisa segera meminumnya, sebagai penutup sahur dan penutup konsumsi makanan sebelum puasa.

Apa dampaknya kalau kekurangan air saat puasa?

Akan membuat kulit kita menjadi kering dan tidak sehat, bibir bisa pecah - pecah seperti sariawan.

Dehidrasi,
jika dehidrasi, maka kita akan merasa sangat haus dan tenggorokan kering. Jika dehidrasi, badan pun bisa menjadi terasa lemas. Kadang bisa kita rasakan ketika bangun tidur di hari puasa, mulut dan tenggorokan kering, merasa sangat haus. Akibatnya puasa menjadi tidak nyaman.

Masalah ginjal,
Jika kekurangan air, maka darah akan menjadi kental. Maka ginjal akan kesulitan untuk menyaring darah yang pekat tersebut. Kinerja ginjal pun semakin berat, jika terus menerus maka ginjal bisa rusak atau mengalami komplikasi.

Kalau begitu, maka kita harus mengantisipasinya. Yaitu dengan cara meminum air yang cukup seperti cara di atas.

No comments:

Post a Comment