Monday 20 June 2016

Resep Memasak Jamur Krispy Ala Ibu

Bagaimana cara memasak jamur yang krispy? Untuk memasaknya, saya biasa menggunakan jamur tiram.

Kali ini saya akan berbagi cara untuk memasak jamur krispy yang saya rasa cukup enak dan cara pembuatannya sangatlah mudah.
Saya jelaskan dahulu deskripsi jamurnya. Kita menggunakan jamur tiram. Untuk mendapatkan jamur tiram sangatlah mudah karena kita dapat menemukannya di pasar sayuran ataupun penjual sayuran keliling. Jamur ini enaknya dimasak tidak sampai kering jamurnya. Cukup dimasak sampai kering tepungnya. Biar tepungnya saja yang krispy. Jika jamurnya mengeras, nanti rasa gurihnya ataupun rasa asli dari jamur akan hilang.

Bahan untuk membuat jamur krispy:
1. Jamur tiram
2. Tepung gandum, bisa juga ditambah tepung tapioka

Bumbu - bumbu halus basah :
1. Bawang putih
2. Garam

Bumbu halus kering :
1. Bawang putih bubuk
2. Garam halus
3. Penyedap rasa (tambahan)

Cara memasak :
Siapkan jamur, cuci bersih jamur. Setelah itu jamur dibagi kecil - kecil (disuwiri cilik - cilik, bahasa jawanya).

Haluskan bawang putih, dan garam secukupnya. Setelah itu diberi air sedikit saja. Kemudian campurkan bumbu tadi ke jamur yang sudah di bagi - bagi kecil. Campurkan hingga merata.

Siapkan bumbu halus kering. Siapkan tepung gandum dan bisa ditambah tepung tapioka. Kalau saya tidak dikasih tapioka. Lanjut, taruh di wadah yang agak lebar. Lalu campurkan bumbu halus kering tadi secukupnya dengan tepung hingga merata. Apabila sudah merata, lalu siapkan alat memasak dengan minyak goreng.

Ambil jamur sekitar satu genggam tangan atau lebih. Jika terlalu basah bisa agak diperas. Lalu campurkan jamur dengan tepung dan ratakan sampai jamur terselimuti tepung kering. Lalu tuntaskan jamur kering tadi agar tepung - tepungnya tidak terlalu banyak dan lepas saat digoreng, agar minyaknya tidak rusak juga. Setelah itu goreng jamur hingga agak menguning dengan api sedang atau agak besar. Jika sudah matang, tiriskan. Lalu ambil beberapa genggam lagi dan goreng, sampai seterusnya hingga habis. Jika sudah selesai, jamur siap dihidangkan! Bisa ditambah dengan saos ataupun hidangan lainnya. Yummy

Ya kira - kira hasilnya seperti ini, maaf gak sempet moto, lupa hehe
Sumber : google imge


Jika ingin memasak jamur krispy yang benar - benar kering, sista dapat menggunakan kapur sirih untuk mengurangi kandungan air yang ada dalam jamur. Sebelumnya rendam jamur  dalam air yang sudah diberi kapur sirih sekitar 5 menit atau lebih. Lalu cucilah jamur tadi sampai bersih. Setelah itu jamur di bagi kecil - kecil, campur dengan bumbu basah.

Tunggu hingga beberapa menit. Setelah itu ambil jamur dan agak diperas. Lalu campurkan dengan tepung.

Goreng dengan api sedang atau agak kecil. Jangan terlalu lama, nanti jamurnya bisa keras banget.

Jamur krispy ini mudah cara memasaknya. Masih bagus ini kalau mau mendirikan bisnis kuliner jamur di pinggir - pinggir jalan.

Itulah resep cara memasak jamur krispy. Semoga bermanfaat. Jika sista menemukan resep memasak jamur yang lebih enak, bisa memberi komentar ya. Nanti akan saya coba masak lagi, hehehe. Mari saling berbagi resep. Hihi saya sangat suka masak 😁

#jamur #masakjamur #jamurkrispy

No comments:

Post a Comment