Monday 20 June 2016

Mengapa Ketika Lari Cepat Lelah?

Kamu hobi lari? Jika kamu sering lari dan cepat lelah atau baru sebentar lari nafasmu sudah tidak enak (sering ngos - ngosan).

Berikut ini adalah beberapa hal yang membuat larimu cepat kelelahan

Tahukah kamu tentang zat seng? Mungkin banyak yang tidak tahu manfaat tentang seng ini. Pasti kalian akan mengira seng ini adalah besi yang sering buat atap rumah itu kan. Bukan, seng disini adalah zat yang bermanfaat untuk tubuh kita, terutama untuk membantu kinerja paru - paru.

Punya hobi lari memang sesuatu yang menyehatkan. Kita bisa melakukan hobi tersebut beberapa kali dalam seminggu agar tetap sehat. Jika nafasmu baru sebentar lari dan sudah ngos - ngosan ini disebebakan kemungkinan karena tubuhmu kekurangan seng tersebut. Seng ini yang membantu paru - paru untuk pernafasan agar tubuhmu tidak cepat ngos - ngosan.

Makanlah makanan yang mengandung seng secara teratur dan tidak berlebihan.
Makanan yang mengandung seng
Yang mengandung seng adalah makanan seperti seafood, daging merah tanpa lemak.

Jadi konsumsilah itu secara teratur agar tubuhmu tidak kekurangan seng.

Untuk penyebab cepat lelah lainnya adalah merokok. Coba kalian amati teman - teman kalian yang suka merokok. Ajaklah dia berlari cepat atau lari biasa. Sambil amati pernafasannya. Coba bandingkan dengan pernafasanmu. Mereka yang sering merokok akan terlihat lebih susah pernafasannya ketika berlari jauh. Hal lain juga bisa kita lihat ketika berrenang. Coba ajaklah temanmu yang suka merokok itu untuk berrenang dengan memutari hingga beberapa kali atau berrenang sejauh 20 meter saja dan setelah selesai lihat pernafasannya dibanding denganmu. Temanmu itu akan kelelahan dan nafasnya terlihat berat.
Atau kalian juga dapat membandingkan lama mereka menahan nafas di dalam air. Kebanyakan mereka yang merokok tidak betah lama menahan pernafasan di dalam air.

Mereka yang suka merokok akan cepat lelah untuk melakukan kegiatan olahraga seperti lari ataupun renang. Ini diakibatkan oleh kandungan zat - zat berbahaya dalam rokok. Jika kalian tidak merokok, jangan coba - coba untuk mencobanya. Bagi kalian yang sudah terlanjur, cobalah untuk berhenti.

Hal lainnya lagi yang menyebabkan cepat lelah adalah karena kalian lemah dalam fisik. Fisik lemah ini dikarenakan kalian malas berolahraga. Lakukan olahraga setidaknya dua kali dalam seminggu. Perbanyaklah olahraga dengan lari sekitar 30 menit. Ketika bekerja di kantor, usahakan tidak usah naik lift. Kita bisa langsung naik dengan tangga saja. Atau jika tergesa - gesa, cukup lakukan ketika berangkat atau waktu pulang. Panas? Santai saja kan sehabis itu ada ac di kantor.

Itulah beberapa hal penyebab ketika lari cepat lelah. Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment