Friday 10 June 2016

Makanan pemulih energi untuk buka puasa

Apa saja makanan dan camilan untuk berbuka puasa yang dapat mengembalikan energi dan stamina tubuh kita? Kali ini saya akan membagikan beberapa makanan kecil pengembali energi yang cocok untuk buka puasa.

Berbuka puasa sendiri adalah sesuatu yang di nanti - nantikan ketika menjalankan ibadah puasa. Kadang ketika berpuasa dan mempunyai banyak waktu luang, kita malah hanya memikirkan "kapan buka puasa?", iya kan? Kalau kepikiran seperti itu terus malah akan membuat perut kita terasa lapar dan badan menjadi lemas. Itu yang pernah saya rasakan.
Kentang
source : google image

Untuk itu kita perlu memperbanyak aktifitas ringan seperti jalan - jalan bersama teman ataupun keluarga. Agar stamina tubuh kita kembali prima, maka kita perlu memperhatikan makanan untuk buka puasa. Apa saja makanan yang bisa mengembalikan stamina kita?

Jika kita belum mau makan dan hanya mau membatalkan puasa saja, maka yang pertama, kita dapat mengkonsumsi kurma dulu (yang manis - manis sebagai pembuka buka puasa, sunah) ini juga baik, bisa mengembalikan dan menambah energi tubuh, menjadi tidak lemas. Baru setelah mengkonsumsi kurma, kita bisa meminum air putih. Kalau ada jus atau es buah, itu juga bisa. Atau uga bisa ditambah dengan memakan buah pisang yang sudah benar - benar matang. Buah pisang tidak  apa - apa dikonsumsi sebelum makan. Saya juga pernah mendengar kalau rasulullah pernah berkata, makanlah buah dahulu, baru dibarengi lainnya. Cara seperti ini adalah biasa yang saya lakukan, baru setelah itu shalat maghrib dulu. Setelah shalat kemudian makan.
Source : google image


Jika kita ketahui, pengembali energi yang paling pertama adalah air. Ada pepatah yang mengatakan, manusia bisa bertahan seminggu tanpa makan dan tidak bisa bertahan sehari penuh tanpa minum.

Untuk makanan sendiri kita bisa menyiapkan sayuran seperti sayur sop atau lainnya. Jangan lupa, juga sediakan buah - buahan dalam buka puasa anda. Buah - buahan tersebut seperti pisang, atau apel dan lainnya.

Camilan pengenyang untuk buka puasa
Apa saja camilan pengenyang untuk buka puasa?
Daripada makan dan cepat kenyang lebih baik makan camilan saja. Camilan yang lumayan bisa untuk mengisi perut di buka puasa adalah seperti kentang goreng dan jamur goreng. Kalau saya biasanya makan kentang krispy dan jamur krispy. Karna kalau makan pakai nasi, nanti sehabis itu malah mengantuk karena cepat kenyang.
Selain kentang, kita juga bisa makan tempe goreng yang renyah. Enaknya, semua camilan itu enak dimakan ketika masih hangat. Kalau bisa setelah makan camilan, lalu diimbangi dengan makanan lainnya seperti buah - buahan pisang, apel, dll.
Source : google image


Itulah mungkin beberapa makanan ataupun camilan yang cukup mengenyangkan untuk mengisi energi kita setelah berpuasa. Semoga bermanfaat :)

No comments:

Post a Comment