Sunday 3 July 2016

Tips Melatih Tinggi Badan Anak Sejak Kecil

Sekarang ini, tentunya sebagai orangtua, kita perlu memperhatikan buah hati kita sejak kecil, terutama pada perkembangan tinggi anak. Kadang, tinggi badan akan menentukan kewibawaan kita. Jadi sebaiknya kita perlu memperhatikan dan melatih supaya tinggi badan anak kita dapat normal seperti orang - orang lain. Mempunyai tinggi badan yang ideal akan membuat seseorang lebih ideal.

Apa saja manfaat tinggi badan ideal?
-kita akan kelihatan lebih berwibawa. Menurut orang jawa dulu, tinggi badan yang menentukan kewibawaan kita. Kadang seseorang akan lebih menganggap orang pendek itu kurang berwibawa karena terlihat seperti anak kecil.

-tinggi badan yang ideal akan membuat kita lebih terlihat pas, ganteng ataupun cantik. Ini karena proporsionalitasnya pas.

-tidak terlihat seperti anak kecil. Jadi, seseorang yang mempunyai tinggi badan ideal akan terlihat lebih dewasa.

Ideal yang dimaksud adalah sesuai tinggi badan orang Indonesia. Sebaiknya si buah hati, ketika dewasa setidaknya mempunyai tinggi minimal 170 dan maks 180 aja. Jangan tinggi - tinggi deh.


Lalu bagaimana supaya anak kita mempunyai tinggi badan yang normal dan ideal?

Pastikan Mengenal Pola Hidup Sehat Sejak Balita
Yang pertama, lakukanlah pengenalan tentang olahraga kepada anak sejak kecil. Usahakan agar anak gemar olahraga. Olahraga akan membuat banyak gerak yang mengakibatkan otot - otot dan tulang berkembang. Ini akan menambah tingggi secara normal dan ideal. Berikan pengenalan olahraga yang berpeluang bagus untuk gaya hidup anak maupun perkembangan anak. Pada masa kecilnya kita bisa mengajaknya jalan - jalan semisal hari minggu ikut car free day supaya bisa melihat orang - orang yang berolahraga. Ini akan memberi mindset baik ke anak. Lalu jika sudah mulai mampu menerima olahraga orang dewasa, berilah pelatihan olahraga. Olahraga yang bagus diantaranya adalah renang, volly, basket, bulutangkis ataupun sepakbola. Intinya, yang pertama adalah perkenalkan pada olahraga agar berat badannya, kelak juga ideal sesuai dengan tinggi badannya. Sekedar informasi, beberapa orangtua, sekarang ini ada yang mengikutkan anaknya dari tk untuk ikut les renang / bulutangkis / lainnya. Ini sangatlah bagus!

Selanjutnya adalah kenalkan makanan dan minuman bergizi. Untuk makanan bisa sayuran dan daging atau ikan. Minuman rutin, wajiblah kalau bisa selalu diberi susu. Banyaknya kalsium dalam susu akan membuat perkembangan tulang anak semakin bagus. Selain itu juga bagus untuk menjaga gigi anak agar tetap sehat. Berilah mindset kalau jajanan dan makanan cepat saji itu buruk! Jangan ajarkan mereka membeli jajanan seperti itu. Pastikan juga makanan dirumah tidak dikontaminasi dengan MSG atau bahan penyedap rasa buatan yang berupa kimia. Pastikan juga beri mindset buruk terhadap ROKOK. Sekarang ini banyak anak kecil yang merokok dan menjadi kecanduan seumur hidupnya. Ini karena kurangnya pencegahan awal dengan penanaman mindset.

Jangan lupa, pendalaman agama juga sangat penting! Sekarang ini, generasi Indonesia banyak yang rusak dikarenakan kurangnya pemahaman terhadap agama.

Selanjutnya, jika dikenalkan dengan gadged, berilah mindset kalau bermain gadged, game di gadged itu kalau terlalu lama tidak baik. Jika teman - teman seusianya mulai menggunakan gadged, sebaiknya bekerjasamalah dengan orangtua dari sahabat si buah hati supaya mengajarkan untuk bersosial melalui gadged seperti chatting atau video call. Pastikan gadged memberikan pengetahuan dan edukasi.

Melakukan hal - hal diatas akan membuat tinggi badan anak menjadi normal dan hidup lebih sehat.

No comments:

Post a Comment