Sunday 24 July 2016

Semua Tentang Buah Apel, Klasifikasi, Jenis dan Manfaat

Berikut ini adalah pembahasan lengkap buah apel, mulai dari klasifikasi, jenis dan manfaatnya untuk ibu hamil, bayi, anak hingga untuk semua kalangan


Klasifikasi Tanaman Apel

Apel (Pyrus malus) adalah buah yang mampu hidup subur di daerah dengan temperatur udara dingin. Di Eropa dibudidayakan, utamnya daerah subtropis bagian Utara. Apel lokal di Indonesia yang terkenal adalah apel yang berasal dari Malang, Jawa Timur dan daerah Gunung Pangrango, Jawa Barat. Pertumbuhan apel di Indonesia, buah ini dapat tumbuh ataupun berkembang baik jika dibudidayakan di daerah dengan ketinggian sekitar 1200 meter di atas permukaan laut. Tanaman apel dikatagorikan dalam salah satu anggota keluarga mawar-mawaran, dengan tinggi batang pohon dapat mencapai 7 hingga 10 meter. Daun tanaman apel ini mirip dengan daun tumbuhan mawar. Daun apel berbentuk bulat telur  dihiasi gerigi-gerigi kecil di tepiannya. Saat apel usia produktif,  biasanya berbunga pada sekitar bulan Juli. Ukuran apel juga bermacam-macam yang sebenarnya berasal daei bunga yang membesar dan mengembang menjadi buah padat dan berisi.


Klasifikasi Ilmiah Tanaman Apel

  • Regnum: Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
  • Regnum: Plantae (Tumbuhan)Sub 
  • Sub Divisi: AngiospermaeKelas: Dicotyledoneae
  • Divisi: Spermatophyta (Menghasilkan biji)
  • Genus: PyrusSpesies: Pyrus malus L.
  • Sub Kelas: Dialypetalae
  • Famili: Rosaceae (mawar-mawaran)
  • Ordo: Rosales



Apel mengandung sangat banyak vitamin seperti vitamin A, B6, B5, B3, B2, B1, dan juga mengandung vitamin C. Mengandung mineral seperti kalsium, potassium, magnesium,  zinc, zat besi. unsur lainnya seperti  tanin, baron, fitokimian, serat, asam tartar terdapat juga di apel.

Jenis - Jenis Apel
Berikut ini adalah 10 jenis apel yang beredar banyak di mal - mal dan pasar tradisional Indonesia yang dirangkum


  • Apel Rome Beauty


Yang banyak dibudidayakan di daerah Malang dan juga terkenal sering disebut sebagai Apel Malang. Memiliki karakteristik kulit  berwarna hijau dan semburat merah. Ralasanya agak manis, dagingnya berwarna putih kehijauan.


  • Princess Noble


Apel ini disebut juga apel hijau atau Apel Australia. Ciri khasnya terletak pada warna kulit buah yang tetap hijau kekuningan meskipun sudah masak. Buahnya berbentuk agak bulat dengan lekukan di bagian ujung relatif dalam. Berat rata-rata tiap buah sekitar 175 g.


  • Apel Anna


Apel ini merupakan salah satu apel favorit dari Batu, Malang. Bentuk dan warnanya mirip apel impor. Warna kulit apel Anna kalau tua merah tua dan bisa merata. Sedang selagi muda, hijau kemudian berubah hijau kekuningan semburat merah kalau mulai tua. Warna kulit inilah salah satu daya tarik apel Anna.


  • Apel Manalagi


Buahnya berbentuk jorong, pangkal dan pucuk berlekuk dalam. Mempunyai pori kulit buah yang nyata, halus serta renggang. Apel Manalagi memiliki karakteristik kulitnya berwarna kuning kehijauan, manis dan aromanya kuat, dagingnya berwarna putih kekuningan.

Jenis apel ini berasal dari Pegunungan Caucasus di Asia Barat dan Eropa Timur. Bisa kita temukan di Desa Gandon, Kecamatan Batu, Malang, sebagai pusat apel di Indonesia.


  • Fuji


Hampir di seluruh permukaan kulitnyam mempunyai warna merah muda. Apel Fuji ini pertama kali dikembangkan di negara Jepang di era tahun 1930-an, yang merupakan hasil dari seleksi silangan antara apel Red Delicious dan apel Ralls Janet.  Apel Fuji langsung populer di Jepang, Tiongkok, Korea dan Amerika Serikat. Langsung populer karena rasa dari Apel Fuji yang sangat lezat dan kandungan antioksidan yang tinggi ada di dalamnya.


  • Manalagi ceri


Adalah apel manalagi, tetapi  berukuran lebih kecil. Rasanya pun juga tak kalah digemari dengan Apel Manalagi.



  • Granny smith


Adalah apel yang berasal dari Australia. Ciri khasnya mempunyai warna kulit hijau, berair dengan rasa asam dan mempunyai ukuran sedang. Apel ini sangat rentang tercemar oleh baketri Listeria monocytogenes yang cukup berbahaya untuk kesehatan manusia.


  • Golden delicious


Adalah apel yang berasal dari negara Amerika dengan cirikhas warna kulit kuning, berair, daging buah agak keras, dan mempunyai rasa sedikit asam. Apel ini enak  dimakan saat segar, dibuat untuk pai ataupun saus apel.


  • Royal gala


Berasal dari Selandia Baru dengan warna kulit kuning disertai garis-garis  merah jambu, daging buah keras, berair, manis, serta aromanya tajam.


  • Apel Washington


Adalah apel yang berasal dari negara Amerika dengan kulit berwarna merah bergaris-garis, daging buah lunak, rasa manis agak  asam. Apel yang sangat mudah ditemukan di Indonesia.





Manfaat Apel Untuk Kesehatan

Tentunya apel sangat bermanfaat untuk kesehatan maupun untuk diet. Apa saja manfaat buah apel ini?


  • Mengurangi resiko gangguan pernapasan

Sebuah studi baru-baru ini  menunjukkan  bahwa anak yang mengkonsumsi jus apel secara rutin dapat menekan resiko penyakit pernapasan.


  • Manfaat Apel untuk wanit hamil

Wanita hamil yang dengan rutin mengkonsumsi jus apel efektif dapat menekan gangguan pada pernafasan  anak dalam kandungannya.



  • Membantu kerja usus halus

Pencernaan tidak pernah lepas dari kerja usus halus sebagai pemroses makanan dan mengambil nutrisinya. Dengan mengkonsumsi apel secara teratur akan mencegah konstipasi dan gangguan pencernaan yang terjadi pada usus.



  • Menyehatkan rongga mulut dan gigi

Ternyata apel juga  berfungsi untuk kesehatan mulut maupun gigi. Jika kita mengkonsumsi apel dengan langsung mengunyahnya akan merangsang produksi air liur untuk membersihkan rongga mulut, ini cocok untuk cuci mulut. Zat tanin yang ada dalam kandungan apel dapat embersihkan plak yang merusak gusi maupun pada gigi.




  • Apel dapat mengkontrol gula darah pada tubuh manusia

Galacturonic acid disuplai apel untuk menurunkan kinerja tubuh dalam melepaskan hormon insulin. Apel baik dikonsumsi bagi orang-orang yang mempunyai riwayat genetik mudah terjangkit penyakit diabetes agar tidak bertambah dan menjadi lebih serius.


  • Memberikan perlindungan pada tulang

Kandungan flavonoid (phloridzin) adalah manfaat apel yang dapat mengurangi gangguan osteoporosis pada wanita pasca monopouse. Apel juga mengandung boron yang berfungsi membuat tulang tidak mudah keropos. Baik juga bagi pencegahan penyakit rematik.


  • Mencegah dan Mengobati Kanker

Manfaat buah apel yang mengandung senyawa triterpenoids pada kulit apel, dari penelitian Cornell University, bahwa mampu menghambat sel kanker penyebab timbulnya gejala kanker payudara, penyakit lever dan juga gejala kanker pada usus besar.

Apel juga menganndung sejumlah zat yang dapat mengurangi risiko penyakit kanker, mekanisme anti-inflamasi, termasuk aktivitas antimutagenik, antiproliferatif, antioksidan sebagai pencegah dan proses apoptosis-inducing sesuai pada jurnal Planta Medica.




  • Mencegah Parkinson

Penelitian menunjukkan kalau orang yang sering makan buah-buahan dan makanan berserat tinggi lainnya dapat mencegah penyakit Parkinson. Penyakit yang ditandai dengan gangguan memproduksi dopamin untuk sel-sel saraf otak.


  • Kesehatan Otak

Buah Apel telah terbukti dapat mampu melindungi sel-sel neuron yang mencegah stres oksidatif yang disebabkan neurotoksisitas serta mampu memainkan peran penting untuk mengurangi terjadinya gangguan neurodegenerative, seperti Alzheimer atau kepikunan.


  • Menurunkan Kolesterol

Bagi Anda yang memiliki LDL yang tinggi  ataupun berat badan berlebih, sebaikanya Anda mulai beralih mengkonsumsi buah apel. Serat larut  dalam apel akan mengikat lemak yang berada di dalam usus tubuh manusia, yang berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol.


  • Menyehatkan Jantung

Fenolik, senyawa terkandung dalam kulit apel dapat mencegah kolesterol yang masuk ke sistem dan juga mampu memperkuat dinding arteri. Saat ada plak yang terbentuk di dalam arteri maka ia akan mengurangi aliran darah ke jantung, yang dapat mengarah sebagai penyebab penyakit jantung koroner. Jika ada plak, dapat dibersihkan dengan bantuan oleh serat larut yang ada pada apel secara alami.


  • Baik untuk pencernaan

Tentunya baik juga dalam hal pencernaan tubuh manusia. Apel adalah buah yang mengandung banyak serat dan berbagai vitamin serta mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Selain itu juga mudah di cerna tubuh, jadi cocok kesehatan untuk pencernaan.


  • Mengatasi Diare dan Sembelit

Sulit BAB atau mengalami diare ? Ternyata, serat yang ditemukan dalam apel dapat membantu mengatasi kedua masalah ini. Serat apel ini dapat menarik air keluar dari usus untuk menjaga komponen di dalamnya untuk bergerak sepanjang hari untuk mencegah sembelit. Serat dalam apel ini juga dapat menyerap kelebihan air dari kotoran yang artinya dapat membantu anda dalam proses diare.



  • Mencegah batu empedu

Batu empedu akan terbentuk saat terlalu banyak kandungan kolesterol dalam empedu yang akan cenderung mengeras. Efek jangka pendeknya adalah terjadi obesitas. Pencegahan batu empedu, dokter menyarankan diet tinggi serat untuk membantu anda mengontrol kadar kolesterol dalam tubuh. Apel sebagai salah satu buah super yang memiliki kandungan serat tinggi sangat baik untuk kesehatan.



  • Mencegah katarak

Untuk manfaat apel yang satu ini, meskipun penelitian sebelumnya belum terlalu meyakinkan mengenai manfaat apel untuk katarak. Namun studi jangka panjang baru-baru ini menunjukkan bahwa orang-orang yang memiliki pola makan buah-buahan yang mengandung antioksidan seperti apel 10 sampai 15 persen lebih kecil kemungkinannya untuk mendapatkan katarak.


  • Detoksifikasi Hati

Adalah suatu fungsi untuk mengeluarkan racun yang ada  dari hati. Zaman yang semakin maju membuat kita tidak akan terlepas dari konsumsi bahan - bahan yang mengandung ‘racun’ dari udara luar maupun dari minuman atau makanan. Hati berfungsi dalam bertanggung jawab  membersihkan racun yang ada dalam tubuh. Kandungan antioksidan  yang ada di buah apel dapat membantu mendetoksifikasi hati dari berbagai zat atau racun dalam tubuh.



  • Meningkatkan Sistem kekebalan tubuh manusia

Dalam apel merah terkandung antioksidan yang biasa disebut quercetin. Dalam jurnal penelitian terbaru telah membuktikan bahwa zat quercetin tersebut dapat membantu meningkatkan serta memperkuat sistem kekebalan pada tubuh manusia, terutama ketika sedang mengalami tekanan dan stres.


  • Mencegah wasir

Wasir sendiri adalah terjadinya urat yang membengkak di area anal. Meskipun penyakit ini tidak berdampak pada kematian, ini adalah penyakit yang berhubungan dengan pembuluh dara, jadi bisa sangat menyakitkan.  Umumnya, wasir ini disebabkan oleh terlalu banyak tekanan pada daerah panggul maupun dubur. Serat yang ada dalam apel dapat membantu untuk mengurangi mengejan terlalu ‘ekstrim’ ketika pergi ke kamar mandi dan dengan demikian dapat membantu dalam meringankan penyakit wasir.

Manfaat apel bagi kesehatan tubuh manusia dan juga untuk diet tentunya menjadi salah satu yang paling populer diantara buah-buahan lainnya. Karena apel yang rasanya enak dan sangat menyehatkan, apel juga sering dijadikan cuka yang laris manis di pasaran karena manfaat cuka apel tersebut sangat ampuh untuk mencegah / membantu meringankan hipertensi dan penyakit genting lainnya.



13 Manfaat Apel Hijau Bagi Kesehatan

Manfaat apel hijau sebenarnya sangat ampuh bagi anda yang sedang diet, ingin menyehatkan mata dan menyehatkan tubuh. Buah Apel menjadi salah satu buah yang mudah ditemukan dan digemari oleh banyak orang. Buah Apel bukanlah buah musiman yang hanya tumbuh di beberapa waktu saja. Ada banyak jenis buah Apel salah satunya adalah buah Apel yang berwarna hijau atau biasa disebut ‘Apel Malang’. Sebutan ini datang karena buah Apel Hijau banyak tumbuh di kota Malang. Perbedaan antara buah Apel Merah dan Hijau adalah terletak pada rasa, warna, dan bentuk. Apel Hijau memiliki rasa yang lebih kecut, kulitnya berwarna hijau, dan bentuknya lebih bulat.


  • Kandungan Nutrisi Apel Hijau

Apel Hijau mengandung Vitamin B1, B2, B6, E, C dan vitamin K. Mngandung Panthotenic Acid dan Folate.



Manfaat Apel Hijau

  • Dapat Menyehatkan mata

Karena kandungan Vitamin A yang cukup di Apel ini membuat mata menjadi lebih sehat. Konsumsi Vitamin A  tidak boleh terlalu banyak karena dapat membuat sel – sel pada tulang kita terpecah. Juga menganggung kerja Vitamin D.


  • Apel Hijau dapat Memberi energi  cukup

Karena banyaknya aktivitas harian tentunya akan menghabiskan banyak energi, Apel Hijau dapat memberi energi yang cukup untuk kita beraktivitas karena kandungan Vitamin B1 dalam Apel Hijau dapat mengubah asupan karbohidrat menjadi energi.


  • Kaya akan asupan air

Apel Hijau memiliki asupan air yang banyak. Asupan mineral dalam tubuh membuat mineral tersebut kampu untuk menyaring kolesterol. Kolesterol jahat dalam tubuh dapat meningkatkan resiko terkena penyakit Stroke.


  • Memperbaiki jaringan tubuh

Vitamin C di Apel Hijau berguna untuk memperbaiki jaringan tubuh yang rusak. Ditambah  kandungan Vitamin E, yang akan mempercantik kulit kita. Tentunya dapat bermanfaat untuk para wanita yang ingin merawat kulitnya agar tetap segar.


  • Dapat mencegah pendarahan

Apel hijau mampu menghindari pendarahan dalam tubuh kita. Kandungan Vitamin K dalam Apel Hijau dapat membantu kita terhindar dari pendarahan. Pendarahan dalam tubuh dapat menyebabkan penyakit serius hingga mampu menghilangkan nyawa manusia.


  • Melancarkan pencernaan

Cocok untuk pencernaan karena Apel Hijau adalah buah yang mengandung serat yang tinggi.


  • Membuat rambut sehat

Asupan mineral yang cukup, kandungan Vitamin E dan C dapat memberi manfaat untuk kesehatan rambut yang membuat rambut menjadi lembut dan terhindar dari serangan ketombe.


  • Untuk Diet dan Makanan Alternatif

Ini cocok sekali bagi Anda yang ingin menurutkan berat badan. apel hijau dapat memberikan efek cepat kenyang. Cocok untuk menu diet makan pagi dan sore.



Mengapa buah Apel bermanfaat untuk Ibu Hamil?

Selain banyaknya vitamin, kelebihan buah apel ini terletak pada kandungannya yang kaya akan serat, sangat cocok sebagai makanan sehat bagi ibu yang hamil muda.


berikut manfaat utama apel bagi ibu hamil


  • Mengatasi Sembelit dan Diare

Saat kehamilan tentunya menyusahkan jika sampai susah melakukan buang air besar. Salah satu cara untuk mengatasinya yaitu dengan  mengkonsumsi buah apel yang kaya serat. Cocok dikonsumsi setiap hari.


  • Mengurangi Bengkak pada Tubuh

Saat hamil, bukan perut saja yang membesar, terkadang beberapa anggota tubuh lain akan ikut membesar dan ini memang hal yang wajar. Terkadang memhuat tidak nyaman terutama jika bengkak pada bagian kaki pada ibu hamil. cegahlah dengan konsumsi apel setiap hari bermanfaat untuk menurunkan pembengkakan di area tertentu seperti kaki, siku, tangan dan anggota tubuh lainnya. Selain itu juga dapat menyehatkan janin.


  • Mengurani Rasa Mual dan Muntah

Saat hamil, pada perutnya akan sensitif. Karena disebabkan asam lambung yang meningkat, yang akan memberikan efek rasa mual dan muntah pada perut. Konsumsi apel setiap hari. Apel memiliki fungsi untuk menurunkan asam lambung karena rasa asam apel mengurangi rasa mual dan muntah pada perut. Jadi tak salah lagi jika ibu hamil yang menyukai makanan asam, saat terjadi tanda tanda awal kehamilan.


  • Hipertensi (Tekanan Darah Tinggi)

Wanita dimasa kehamilan akan mudah emosional, disarankan mengonsumsinya setiap hari, untuk mencegah hipertensi saat hamil.


  • Mengurangi Kemungkinan Bayi Prematur

Dapat mengurangi resiko dan kemungkinan pada bayi lahir prematur. Penyebab umum bayi lahir dalam keadaan prematur adalah ketika ibu mengalami sekresi empedu yang berlebih, menyebabkan mengalami komplikasi. Maka dari itu, solusinya adalah dengan konsumsi apel hijau setiap hari. Manfaat lainnya untuk ibu juga akan membantu proses kelahiran bayi.



  • Mengurangi Resiko Asma

Konsumsi apel setiap hari mampu menjauhkan anak dari penyakit setelah kelahiran.


  • Mengurangi Resiko Stroke

Dapat mengurangi resiko penyakit stroke pada sang buah hati. Banyak kandungan mineral di apel, salah satunya mineral yang baik dalam menjaga tulang dan tubuh akan terbebaskan dari penyakit tulang seperti stroke.


  • Menjaga Nafsu Makan

Jika sering mengalami mual,  Ibu hamil akan malas makan. Padahal saat awal bulan-bulan di masa kehamilan, gizi ibu perlu dijaga. Kalau nutrisi  Ibu kurang, maka nutrisi bayi di perut Ibu juga kurang. Konsumsi apel hijau untuk meningkatkan nafsu makan.

No comments:

Post a Comment