Tuesday 5 July 2016

Alternatif Menabung Selain dengan Uang

Menabung tidak harus menggunakan uang. Menabung uang kadang malah merugikan. Lalu apa saja cara menabung selain menggunakan uang?

Berikut ini adalah menabung selain uang dengan resiko kerugian yang sangat kecil.

1. Menabung dengan Emas
Kita bisa membeli barang berharga seperti emas. Kita tahu kan, emas adalah logam mulia yang harganya akan naik terus, walaupun kadang menurun tetapi akan selalu naik. Menabung dengan emas ini perlu penyimpanan yang aman karena rawan pencurian.

2. Menabung dengan Aset Tanah
Biasanya banyak orang yang menabung dengan cara membeli tanah. Ini lebih efektif karena harga tanah pada setiap tahunnya akan naik terus. Tentunya ketika kita akan membeli tanah, pastikan tanah tersebut mempunyai peluang besar di masa depan semisal akan adanya jalan raya, tanahnya bagus. Itu pasti harganya akan naik terus secara tajam. Jika di kalimanantan banyak yang membeli sawit dan tanahnya. Sekarang ini harga sawit sangat mahal, jadi ini peluang bagus.

3. Menabung dengan cara menanam Tanaman
Punya tanah luas? Bingung mau diapain? Jika malas, kita bisa menanaminya dengan tanaman tahunan yang mudah tumbuh disitu dan tentunya yang menghasilkan uang. Kita bisa menanamnya ketika musim hujan. Misal tanam tanaman cengkeh, sengon laut (kayu sengon untuk bahan triplek) kedua tanaman tersebut berpeluang baik. Jika tanahnya tandus dan berkapur bisa kita tanami tanaman kacang mede / jati. Ya sesuaikan dengan keadaan tanah saja deh.

4. Menabung dengan membeli properti rumah
Kita bisa membeli rumah - rumah mewah ataupun rumah di perumahan. Setiap tahun harganya tentu akan mahal. Ini adalah peluang penyimpanan aset yang bagus. Sekarang ini banyak pengusaha ataupun bisnis man yang membeli aset rumah dan menjualnya kembali karena untungnya cukup banyak, ataupun hanya untuk koleksi sebagai tabungan. Beli properti jangan hanya rumah, bangunan toko pun bisa. Lalu bisa kita sewakan atau dikontrakkan. Uangnya kan mengalir teruus. Lalu bisa buat beli bangunan lagi.

5. Beli Cengkeh
Maksudnya apa?? Kita beli cengkeh basah di pedesaan saat harganya murah. Lalu dikeringkan dan di timbun. Tunggu harganya menjulang tinggi. Lalu bisa kita jual. Haramkah? Tidak. Dalam islam yang dilarang untuk menimbun adalah barang - barang pokok yang dibutuhkan setiap orang seperti sembako spt beras, sayur dll, bensin, dll. Jelasnya tanya pak Kyai saja deh.


Yang terakhir, SEDEKAH
Buat kalian seluruh umat manusia. Yang merasa sudah berkecukupan dan berlebih harta. Cobalah untuk bersedekah. Ini adalah tabungan kalian untuk ke surga kelak. Biasanya dengan sedekah, kita akan dimudahkan dan diberi jalan saat kesulitan. Jika dalam Islam, kalau sedekah dengan ikhlas maka oleh Sang Pencipta akan dibalas 10 kali lipatnya. Jadi, jangan ragu untuk bersedekah ya!

Itulah beberapa alternatif nabung selain uang di bank, jika kalian tertarik, beri komentar yang relevan ya. Terimakasih.

No comments:

Post a Comment