Friday 8 July 2016

Cara Menanam Sengon Laut Agar Cepat Besar


Bagaimana cara menanam pohon sengon laut agar cepat besar? Berikut ini adalah tips ampuh untuk menanamnya.

Pohon sengon laut saat ini berpotensi besar karena kayunya sangat dibutuhkan oleh industri kayu seperti dibuat bahan - bahan untuk triplek. Albasia Sengon laut saat ini sudah banyak dibudidayakan, tetapi tetap masih berpotensi dan berpeluang penghasilan besar. Jika kalian punya tanah yang luas dan bingung mau diapakan, ini bagus untuk ditanami pohon sengon tersebut.

Pohon sengon laut ini bisa mencapai tinggi hingga 50 meter. Biasanya bisa berdiameter 1 meter.

Bagaimana cara menanamnya?
Untuk tahun pertama hingga tahun ke tiga, biasanya kita perlu penanganan ekstra, supaya pohon bisa tumbuh dengan baik. Pohon sengon ini dengan perawatan santai, setelah tahun ke 2 biasanya akan mampu hidup sendiri tanpa disiram. Ini karena akarnya sudah cukup dalam.


Berikut tahap menanamnya :



Tips Penanaman

Tanamlah saat musim hujan datang, ini adalah waktu yang tepat. Banyak masyarakat pedesaan melakukan teknik ini. Saat musim hujan kita akan menghemat tenaga untuk menyiram air. Selain itu juga siapkan bibit unggul, bisa bertanya atau membeli di tempat bibit.



Siapkan Lahan

Persiapkan tempat untuk menanam pohon sengon ini dengan lahan kosong. Jangan ada pohon besar lainnya, nanti akan mengganggu perkembangan sengon selain itu supaya bisa mendapatkan panas dan sinar matahari.


Pengolahan lahan sebelum menanam

Lubangi dengan diameter 1 meter dan kedalaman sekitar 50 cm hingga 75 cm. Setelah dilubangi, pada tanah yang baru digali, tanahnya diberi campuran pupuk organik. Lebih baik pakai pupuk organik saja, biasanya pupuk kimia bisa membuat tanah buruk kualitasnya pada tahun - tahun selanjutnya.
Jika ingin menanam banyak, beri jarak 3 meter pada setiap lubang yang akan ditanami pohon sengon laut.



Penanaman

Setelah dilubangi dan tanahnya dicampuri dengan pupuk organik, lalu tanamlah pohon sengon. Pastikan pada plastik tanamannya cukup dibuka saja. Buka plastik pembungkusnya secara perlahan, jangan sampai hancur tanahnya.
Sebelumnya masukkan sedikit tanah di lubang tadi sekitar 2 garis tangan, ini agar nanti akar - akar baru bisa tumbuh dengan mudah.

Setelah itu masukkan tanaman dan tutup dengan tanah. Setelah itu agak di padatkan agar tidak dirusak oleh ayam. Pada tanaman sengon juga diberi penyangga agar tidak rusak saat diterpa angin. Pada bawah sekitar tanaman juga bisa diberi penutup seperti gambar paling atas, agar hama ayam tidak mendekat.



Perawatan

  • Agar pohon sengon tumbuh baik, pada tahun kedua, jika dirasa kekurangan air bisa disiram secara rutin tergantung tingkat kekeringan. Pada musim hujan kedua menjelang tahun ketiga, biasanya sudah bisa hidup sendiri. Perawatan pohon supaya bisa tumbuh tinggi dengan kayu yang besar, maka perlu penyiangan hama sekitar dan pemangkasan cabang. Pemangkasan cabang ini agar pohon sengon menjadi lurus dan tinggi besar. Pohon sengon yang tinggi besar serta kayunya lurus mempunyai nilai jual tinggi. 

  • Pastikan cek setiap seminggu sekali atau sebulan sekali agar tidak ada gulma seperti tanaman menjalar di pohon sengon. 

  • Dan juga cek rutin, biasanya pohon sengon muda mudah mati karena adanya ulat di daun. Ulat ini berwarna hijau dan kecil. Kita harus jeli.

  • Diberi pupuk organik sekitar setahun sekali atau dua kali. Bisa pada awal musim hujan. Ketika memberi pupuk organik jangan sampai menempel pada batang kayu. Ini bisa membuat kayunya rusak. Cukup berikan di sekitarnya saja.

  • Pemanenan pohon sengon yang pas sekitar umur 5 hingga 7 tahun. Jangan sampai menunggu terlalu besar, jika pohonnya tumbang bisa menurunkan harga


Itulah tips menanam pohon sengon. Jika Anda merasa terbantu, silahkan memberi komentar atau dibagikan ke teman - teman anda via sosial media yang ada di tombol berbagi. Terimakasih.

3 comments:

  1. Terimakasih, tulisan diatas dapat memberikan wawasan buat kami dalam memulai usaha dibidang penanaman pohon sengon.

    ReplyDelete
  2. Pengen sih,lahan ada.tapi belum ketemu penjual benihnya.area ponorogo

    ReplyDelete
  3. Mohon berbagi ilmunya. Bagaimana dengan struktur tanah semi rawa. Apakah ada pengelolaan tanah secara khusus.

    ReplyDelete